Kinematika gerak lurus

Kinematika adalah: Cabang dari ilmu fisika yang mempelajari tentang gerak, tanpa
mempertimbangkn penyebab gerakan tersebut.
2.1. Jarak dan perpindahan
Jarak adalah panjang keseluruhan lintasan yang ditempuh, dan jarak merupakan besaran scalar
Perpindahan adalah perubahan posisi sebuah benda dari titik awal ke titik akhir, perpindahan
merupakan besaran vector.


2.2. Kelajuan dan kecepatan
Perbedaan antara kelajuan dengan kecepatan
2.2.1. Kelajuan
Kelajuan didefinisikan sebagai cepat lambatnya perubahan jarak terhadap perubahan
waktu. Jadi kelajuan identik dengan bessaran scalar. Sehingga waktu menyelesaikan soal, tidak perlu
memperhatikan arahnya, cukup jarak yang ditempuh.
Rumus umum :
Kelajuan =
h waktutempu
itempuh jarakyangd
V=
t
s
2.2.2. Kecepatan
Kecepatan didefinisikan sebagai cepat lambatnyaa perubahan kedudukan benda
(perpindahan) terhadap perubahan waktu. Jadi, kecepatan identik dengan besaran vector, karena
mempunyai arah
Rumus Umum
Kecepatan =
aktu perubahanw
n perpindaha
V =
t
s 
V =
1 2
1 2
t t
s s

Dengan
V= kelajuan ( m/s)
S = Jarak yang ditempuh (m)
t = waktu tempuh (detik)(secon)
Dengan
V = kecepatan ( m/s)
S2 = posisi yang ditempuh akhir (m)
S1 = posisi awal (m)
t 2 = waktu tempuh akhir (detik)(secon)
t1 = waktu tempuh awal(detik)(secon)
Kecepatan rata-rata dan kecepatan sesaat
Perbedaan mendasar antara kecepatan rata-rata dengan kecepatan sesaat terletak pada
pepindahan yang terjadi. Kecepatan rata-rata berarti ada dua buah posisi benda yaitu awal dan akhir,
demikian juga dengan waktunya.
Sedangkan pada kecepatan sesaat terjadi untuk saat yang saat singkat dengan perubahan posisi
yang tidak terlalu signifikan, sehingga dapat diselesaikan dengan menggunakan rumus diferensial.
2.2.3. Percepatan
Definisi dari percepatan adalah gerakan sebuah benda yang mengalami perubahan kecepatan.
Perubahan kecepatan yang terjadi bisa di percepat atau juga diperelambat.
Percepatan rata-rata
a =
t
v


 a =
1 2
1 2
t t
v v


Percepatan sesaat
a=
t
v


2.3 Gerak Lurus Beraturan
Gerak lurus beraturan adalah gerak yang lintasannya berupa garis lurus dengan
kecepatan tetap, artinya menempuh jarak yang sama dalam selang waktu yang sama.
Contoh : jika dikatakan sebuah mobil bergerak dengan kecepatan 80 km/jam ke utara.
Penyelesaian masalah dengan gerak lurus beraturan adalah dengan rumus percepatan umum
Dengan:
a. = Percepatan (m/s2)
V2 =kecepatan ssetelah t detik (m/det)
V1 = kecepatan awal (m/det)
t2 = waktu akhir (det)
t1 = waktu aawl ( det)
Sama seperti kecepatan sesaat, maka
percepatan sesaat juga dapat
diselesaikan dengan metode
diferensial
t (s)
s (m)
3 2 1 0
20
40
60
Diagram s-t GLB
t (s)
v (m/s)
0
Diagram v-t GLB
2.4. Gerak Lurus Berubah Beraturan
Gerak lurus berubah Beraturan adalah gerak yang lintasannya berupa garis lurus
dengan percepatan tetap ( ada perubahan kecepatan secara beraturan, baik itu dipercepat atau
diperlambat.).
Rumus umum:
vt = vo + at
s = vot +
2
1 at2
vt2= vo2 + 2as
Dengan:
vt = kecepatan setelah t detik ( m/s)
vo= kecepatan awal (m/s)
a = percepatan ( m/s2)
t = waktu yang ditempuh ( second)
s = Jarak yang ditempuh
t (s)
v (m/s)
3 2 1 0
20
40
60
Diagram v-t GLBB
s (m)
t (s)
Diagram s-t GLBB
dipercepat
s (m)
t (s)
Diagram s-t GLBB
diperlambat
2.5. Gerak Jatuh Bebas
Gerak Jatuh Bebas adalah gerak benda yang jatuh dari ketinggian tertentu tanpa adanya
gaya dorong ( tanpa kecepatan awal vo = nol )
Beberapa pendapat tentang gerak jatuh bebas :
2.5a. Pendapat Aristoteles
Aristoteles menyatakan, bahwa pada gerak kebawah sebuah benda yanag memiliki berat lebih
besar akan memiliki percepatan yang lebih bessar jika dibandingkan dengan benda yang
memiliki berat lebih ringan. Jadi menurut aristoteles, benda bermasa 500gr akan lebih dulu
sampai ketnah jika dibandingkan dengan masssa benda 200 gr, jika kedua benda dilepaskan dari
ketinggian yang sama dalam waktu yang sama.
2.5.b. Pendapat Galileo Galilei
Pada zaman Galileo Galilei, pendapat aristoteles dibantah. Galileo menyatakan bahwa benda
yang jatuh kebawah akan mengalami percepatan yang sama besar, sehingga jika kedua benda
yang berbeda beratnya dijatuhkan secara bersamaan waktunya, akan sampai ditanah dalam
waktu yang bersamaan, yang mempengaruhi adalah hanya hambatan udara.
Rumus umum:
vt = gt
y =
2
1 gt2
vt2= 2gy
2.6. Gerak Vertikal Ke atas
Gerak Vertikal keatas adalah kebalikan dari gerak jatuh bebas. Pada gerak vertical keatas,
sangat memrlukan gaya dorong, tetapi percepatannya menjadi berlawanan arah dengan gaya gravitasi.
Rumus umum:
vt = vo – gt
y = vot –
2
1 gt2
vt2= vo2 – 2gy
Dengan:
vt = kecepatan setelah t detik ( m/s)
g = percepatan gravitasi (m/s2)
t = waktu yang ditempuh ( second)
y = ketinggian benda (m)
Dengan:
vt = kecepatan setelah t detik ( m/s)
vo = kecepatan awal (m/s)
g = percepatan gravitasi (m/s2)
t = waktu yang ditempuh ( second)
y = ketinggian benda (m)    

untuk lebih jelas anda bisa melihat blog ini🙂 atau anda langsung mengklik bagian ini

dan ini hasil jepretan dari catatan saya mengenai kinematika gerak lurus


36 responses to “Kinematika gerak lurus

  1. Waaah…. latar blog nya konsep retro, kereeeen

  2. iih,comelnya blog kmu,saya ska. .saya ska. .haha!!
    visit blogku jg yaa,thanks!🙂

  3. iih,comelnya blog kmu. .saya ska,saya ska. .🙂
    rapih sangat. .
    visit blog ku yaa. .,thanks🙂

  4. Foto.a agak burem lia….
    Truss ad byangan HP yya???
    Tapi bagus koq… Penjelasannya jg lengkap.. 😀😀😀

  5. keren blogmu ya..
    lngkp lgi mteri.a
    vist my blog ya.

  6. Edo Septian Dozer

    Blog nya bagus, Penjelasannya juga sudah cukup baik🙂

  7. keren…kerennn…bgus aq ska..

  8. bagus bgtt.. blog kamu..
    I like it..
    akn saya pelajari..

  9. keren-keren blognya,,ckckckckc
    tinggal tambahin lagi isi,info, sama apa aja deh yang penting berguna, dan menyangkut fisika,,,hehe

  10. novhieyachecha

    liaaaa🙂 make mampir nah :p hihihihi
    blognya udah bagus syg, tp lebih di rapikan lg yah penulisannya byr lebih enak di baca🙂

  11. lengkapp ni fotonya..
    sipp !!
    caaiiooOO

  12. blogmu bgus ya,,,,rapi bget,,,^^

  13. hai……
    blognya bagus juga…..
    ya berjuang ya buat ngurusin blognya biar lebih bagus lagi…….

  14. photo.y agak gg jlas .
    cz kena byngan hp.y liia🙂

  15. gimana bikin blog bisa bagus kya punyamu? hehehe

  16. haaiii liaa……..

    blogmu cukup baguss ,, ak jd pngin . . xixixix😉
    emmm… pto” lengkap ,, pengertian jg lengkap …
    ajariin ak lge yooooo . . hhhhheeeee ^^

  17. Pingback: beetje bij beetje :) « Enda1312's Blog

  18. ya sudah benar …
    hanya saja terlalu banyak kata-kata yang dicopy paste enaknya memang langsung gambar catatan enda atau scan-nya saja😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s